Beranda Berita Bupati Purbalingga Lakukan Kegiatan Penanaman Bibit Pohon Jambu Kristal Merah

Bupati Purbalingga Lakukan Kegiatan Penanaman Bibit Pohon Jambu Kristal Merah

239
0

Cara jitu memangkas angka pengangguran terus dilakukan oleh Bupati Kab. Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi. Berbagai cara diupayakan, salah satunya dengan kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yakni penanaman bibit pohon jambu kristal merah dengan memberdayakan pemuda tani setempat, Minggu (9/5/2021).

Didampingi Sekretatis DPC PDI Perjuangan Kab. Purbalingga, Karseno bersama dengan Pemerintah Desa Kasih, Kecamatan Kertanegara, Bupati Tiwi melakukan penanaman bibit pohon jambu kristal merah bersama Kelompok Pemuda Tani Surya Muda. Serta sebanyak 50 orang akan dipekerjakan untuk menanam 2000 bibit pohon jambu kristal merah.

“Semoga kegiatan ini menginspirasi desa-desa yang lain di Kab. Purbalingga, sehingga padat karya tunai desa bisa terus dilaksanakan dan digulirkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Bupati Tiwi.

Terkait dengan aspirasi Pemuda Tani Surya Muda di bidang pertanian, Bupati Tiwi siap membantu memfasilitasi melalui Dinas Pertanian Kab. Purbalingga. Termasuk jika ada jalan usaha tani yang perlu dibangun Pemkab Purbalingga siap membantu. “Termasuk saya berjanji di anggaran perubahan, kelompok Pemuda Tani Surya Muda akan mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Purbalingga,” ungkapnya.

Kepala Desa (Kades) Kasih, Supriyadi mengatakan, kegiatan ini berawal dari para pemudik perantauan Desa Kasih yang pada awal pandemi lalu jadi pengangguran. Namun kemudian mereka bangkit dan bergerak membentuk Pemuda Tani.

“Melalui Dana Desa (DD) 2021, kami anggarkan padat karya tunai untuk memberi pekerjaan mereka yang sudah kehilangan pekerjaan, kami pilih pertanian karena hanya bertani yang bisa mereka lakukan untuk memajukan ekonomi,” kata Supriyadi.

Sementara itu, terkait dengan usulan pembangunan sumur bor untuk pertanian, realisasinya akan dikawal langsung oleh Sekretaris DPC PDI Perjuangan Karseno yang juga selaku anggota DPRD Kab. Purbalingga dari Dapil setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here