Beranda Berita BKN PDI Perjuangan Sumatera Utara Gelar Dialog Virtual Bahas Kebudayaan Nasional

BKN PDI Perjuangan Sumatera Utara Gelar Dialog Virtual Bahas Kebudayaan Nasional

321
0

Badan Kebudayaan Nasional PDI Perjuangan Sumatera Utara menggelar dialog kebudayaan di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Sumut, Jalan Djamin Ginting, Rabu, (21/4/2021).

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Bidang Seni dan Budaya, Syarifah Khairiah Alatas memaparkan, dialog tersebut memiliki tema ‘kesenian etnik sebagai ekspresi kebudayaan nasional’.

“Dialog ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kebudayaan sebagai perekat kita sesama warga bangsa,” katanya.

Syarifah menjelaskan, baru-baru ini telah terjadi peristiwa yang memicu perdebatan di masyarakat. Ada oknum atau segelintir orang yang membenturkan budaya dengan agama. Kejadian tersebut sangat meresagkan.

Pembicara yang akan menjadi narasumber yang akan mengisi dialog itu yakni, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Djarot Saiful Hidayat.

“Juga nanti akan didampingi Kepala BKN PDI Perjuangan Sumut, Idris Pasaribu dan seorang budayawan penggiat Ketoprak Dor, Tri Wahyuono Haryadi,” tambahnya.

Syarifah berharap, ke depan dialog tersebut dapat memberikan pencerahan mengenai kekayaan budaya nusantara yang patut disyukuri.

“Saya kira budaya kita sangat kaya dan ini harus disyukuri serta terus dilestarikan,” jelasnya.

Senada dengan Syarifah, Sekretaris BKN PDI Perjuangan Sumut, Fatah Baginda Gorby Siregar menjelaskan, pada dialog ini juga akan membahas wawasan kebangsaan yang dapat memantik spirit nasionalisme.

“Di dalam kebudayaan nasional yang bermacam-macam itu tak hanya soal nasionalisme saja, melainkan ada nilai-nilai luhur di sana, seperti toleransi, tenggang rasa, cinta sesama dan lainnya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here