Beranda Berita Kesiapan Antisipasi Bencana Alam Karhutla Tahun 2021

Kesiapan Antisipasi Bencana Alam Karhutla Tahun 2021

287
0

Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H. Darma Wijaya pimpin kegiatan Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) Tahun 2021 di Kabupaten Sergai, bertempat Lapangan Apel Mapolres Sergai,Senin pagi (29/03/2021)

Dalam Amanat Pimpinan Apel, Bupati Sergai H Darma Wijaya menyampaikan maksud dan tujuan dari apel ini untuk menyamakan persepsi dan kesiapan kita dalam rangka antisipasi penanggulangan bencana alam KARHUTLA Tahun 2021 di Kabupaten Serdang Bedagai dan bentuk sinergitas Polri bersama TNI dan stakeholder melalui kegiatan bersama sebagai bagian dari program prioritas Kapolri.

“Pada Tahun 2020 yang lalu, penanganan KARHUTLA sudah semakin terkoordinir, dimana jumlah KARHUTLA mengalami penurunan dan tidak menimbulkan polusi udara lintas batas negara,” jelasnya.

Pemda bersama TNI, POLRI dan BMKG, telah mengambil langkah-langkah strategis dalam hal penanganan KARHUTLA, yaitu sebagai berikut, melakukan patroli secara rutin ke Perusahaan / Korporasi untuk mengecek sarana prasarana untuk penanggulangan KARHUTLA seperti embung, kanal air, selang air dan pompa gendong.

Kegiatan ini melibatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa dalam mencegah KARHUTLA, dengan cara meningkatkan patroli di wilayah yang rentan dan rawan akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Kita semua harus memiliki persamaan persepsi dalam proses penegakan hukum dengan Gakkumdu Plus (Criminal Justice System dan Kementerian Lingkungan Hidup), sehingga penerapan sanksi hukum yang berat bagi setiap pelaku KARHUTLA baik perorangan maupun korporasi, dapat diberikan tindakan tegas untuk menimbulkan efek jera terhadap setiap pelaku Karhutla” tutup Darma Wijaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here