Beranda Berita Solo Lolos Nominasi Anugrah Parahita Ekapraya

Solo Lolos Nominasi Anugrah Parahita Ekapraya

296
0

Kota Surakarta lolos masuk dalam nominasi penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahap pertama tahun 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Setelah lolos tahap pertama, Kementerian PPPA melakukan verifikasi lapangan yang dilangsungkan secara virtual di Bale Tawang Arum (Kamis, 25/03/2021) Balai Kota Surakarta, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan verifikasi yang dihadiri Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tim Penggerak PKK Kota Solo serta tamu undangan lain.

Gibran menyampaikan Pemerintah Kota Surakarta terus berkomitmen mengintegrasikan pengarusutamaan gender di berbagai bidang pembangunan.

“Gender merupakan isu lintas sektor dan berpengaruh langsung terhadap capaian pembangunan manusia menjadi tanggung jawab bersama. Pengarusutamaan gender merupakan strategi yang telah disepakati baik di tingkat global nasional, maupun daerah. Untuk memastikan isu gender masuk pada prioritas pembangunan segala bidang yang dilakukan.” ungkap Gibran dalam sambutannya dalam verifikasi lapangan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Sementara, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Deputi Bidang Kesetaraan Gender, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Muhammad Ihsan, S.Ag, MA. menyampaikan tujuan diadakan acara verifikasi tersebut untuk melihat lebih dalam implementasi tentang strategi Pengarus Utamaan Gender (PUG) di Surakarta.

“Untuk memverifikasi dan menggali lebih dalam lagi data dan informasi seputar pelaksanaan PUG di wilayah Bapak Ibu, yang didasarkan pada pengisian formulir evaluasi yang telah kami terima beberapa waktu yang lalu.” kata Ihsan

Pemerintah Kota Surakarta sebelumnya telah mengirimkan data dan informasi pengakuan gender ke Kementerian PPPA. Data yang dikirimkan Pemkot akan digunakan sebagai landasan untuk melaksanakan langkah-langkah strategis dan perencanaan dalam mempercepat terwujudnya pembangunan yang berkeadilan di Surakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here