Beranda Berita Strategi Bupati Purbalingga Atasi Kemiskinan

Strategi Bupati Purbalingga Atasi Kemiskinan

331
0

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga akan terus menggenjot program pengentasan kemiskinan. Hal ini disampaikan Bupati Kab. Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dalam Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Purbalingga Tahun 2022.

Politisi PDI Perjuangan tersebut menyampaikan, bahwa pihaknya sudah menyiapkan enam program prioritas guna mengatasi persoalan kemiskinan dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yakni pemulihan ekonomi, pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat, serta pemeliharaan dan peningkatan infrastruktur.

Dalam kesempatan yang sama Ketua DPRD Kab. Purbalingga HR Bambang Irawan menyampaikan, dari hasil penyerapan aspirasi masyarakat, pihaknya menemukan bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Purbalingga masih tinggi. Begitu juga IPM di Kabupaten Purbalingga juga masih di bawah provinsi Jateng.

Menurut Bambang Irawan, arah prioritas pembangunan yang akan dilakukan perlu memperhatikan Persoalan kemiskinan dan rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Purbalingga. Selain itu, penanggulangan kemiskinan juga harus ditingkatkan melalui program yang mengarah pada pemenuhan hak dasar.

“Di antaranya bidang kesehatan, perumahan, air bersih, sanitasi, serta pangan, perluasan kesempatan kerja serta pemberdayaan sektor UMKM,” jelasnya.

Konsultasi Publik RKPD Kabupaten Purbalingga Tahun 2022 dilaksanakan secara virtual. Acara juga diikuti oleh jajaran forkompimda, anggota dewan, organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh kepemudaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here