Beranda Berita H. Sutrisno Serahkan Ratusan Alsintan Kepada Poktan di Majalengka

H. Sutrisno Serahkan Ratusan Alsintan Kepada Poktan di Majalengka

325
0

Anggota Komisi IV DPR RI, H. Sutrisno menyerahkan ratusan alat dan mesin pertanian (Alsintan) pada kelompok tani (poktan), saat melakukan reses tahun anggaran 2020-2021 di Pasar Ternak Kadipaten, Kabupaten Majalengka.

Tercatat ada 190 unit Alsintan hasil aspirasi yang diserahkan mantan Bupati Majalengka ini pada petani, sehingga total bantuan Alsintan dari Kementrian Pertanian kepada Kabupaten Majalengka tahun ini, sebanyak 361 unit.

Bantuan Alsintan bagi petani ini menjadi sejarah baru dalam segi jumlah. Karena sebelumnya, bantuan Alsintan yang diterima petani Majalengka belum pernah sebanyak ini.

Banyaknya bantuan Alsintan yang disalurkan pada petani Kabupaten Majalengka pada tahun ini, selain merupakan bantuan regular yang diajukan oleh pemerintah daerah sebanyak 171 unit, sebagian lainnya merupakan aspirasi anggota Komisi IV DPR RI asal Kabupaten Majalengka, yakni H.Sutrisno.

Adapun Alsintan yang disalurkan pada petani melalui aspirasi Komisi IV DPR RI, berjumlah 190 unit yang terdiri dari bantuan Alsintan untuk pra panen, masing-masing 52 unit pompa air, traktor roda dua 46 unit, traktor roda empat 6 unit, Rice Transplanter 5 unit, Cultivator 20 unit dan Hand Sprayer 49 unit.

Kemudian, Alsintan pasca panen, terdiri dari Combine Hanvester sebanyak 8 unit, Power Treaser 33 unit, serta Corn Sheller sebanyak 20 unit.

Anggota Komisi IV DPR RI, H. Sutrisno menyamapikan, bantuan Alsintan ini merupakan kepedulian dan kehadiran pemerintah untuk mendorong kemandirian dan kesejahteraan petani, serta komitmen dirinya untuk membantu masyarakat Kabupaten Majalengka, khususnya para petani.

“Tahun ini, Kabupaten Majalengka secara keseluruhan mendapat bantuan Alsintan sebanyak 361 unit. Ini bukan jumlah yang sedikit,” ujar Sutrisno.

Sutrisno Berharap, bantuan Alsintan bernilai milyaran rupiah ini dapat bermanfaat dalam menunjang produktifitas pertanian, dengan teknologi tepat guna memperbaiki kualitas produk pertanian, serta mengurangi biaya produksi.

“Sebagai wakil rakyat yang bermitra dengan Kementerian Pertanian, saya akan melakukan monitoring, sejauh mana program-programnya bisa bermanfaat bagi rakyat, serta apa yang diperlukan oleh rakyat untuk disampaikan pada pemrintah dalam bentuk aspirasi,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), Iman Firmansyah mengatakan, bantuan Alsintan berasal dari Kementerian Pertanian RI tahun Anggaran 2020, yang ditujukan kepada Poktan di 26 Kecamatan se-Kabupaten Majalengka.

“Bantuan ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani, sehingga dengan penggunaan alat tersebut dapat mempersingkat waktu pengolahan tanah, mempercepat penanaman, serta dapat mempercepat waktu tanam dan juga panen,” terangnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here