Beranda Berita Program Ketahanan Pangan, Yena-Atep akan bangun gudang untuk Hasil Bumi Para Petani

Program Ketahanan Pangan, Yena-Atep akan bangun gudang untuk Hasil Bumi Para Petani

308
0

Paslon Bupati Bandung Nomor urut 2, Yena Iskandar Ma’soem-Atep akan menyiapkan pergudangan untuk menampung hasil bumi dari para petani.

Konsep pergudangan itu akan dibangun sebagai bentuk realisasi program ketahanan pangan di Kabupaten Bandung. Melalui konsep tersebut maka harga hasil pertanian bisa terjaga. Sehingga petani nantinya tidak akan merugi.

“Apalagi nanti Kabupaten Bandung tak perlu lagi harus mendatangkan komoditas hasil pertanian dari wilayah lain jika pada kenyataannya mengalami kelangkaan. Kalaupun ada surplus hasil tani, harga hasil tani juga tidak anjlok,” kata Yena

Menurutnya, potensi pertanian di Kabupaten Bandung cukup menjanjikan. karena beberapa wilayah di Kabupaten Bandung menjadi kawasan pertanian yang bisa dijadikan mata pencarian permanen bagi warganya. Sebab, tanah di Kabupaten Bandung cukup subur untuk ditanami jenis tanaman apa saja.

Lanjut Yena, kondisi inflasi di Indonesia seringkali menyebabkan harga mengalami kenaikan. Inflasi tinggi, tidak baik untuk ekonomi di suatu negara. Di Indonesia sendiri kemampuan belanja masyarakatnya terbatas dan berpengaruh terhadap perdagangan.

“Jika perdagangan lesu, otomatis permintaan rendah. Sedangkan suplai tetap tinggi. Sehingga tentu ini berpengaruh terhadap hasil petani. Karena hasil tani memiliki batas waktu ketahanan, maka seringkali para petani menjual harga dengan rendah dari pada hasil panennya tidak terjual semua,” ujarnya

Untuk mengantisipasi itu caranya menggunakan konsep pergudangan maka pemerintah akan membuat standar harga untuk hasil pertanian. Nantinya, hasil pertanian akan dibeli oleh Pemkab Bandung dan perusahaan.

“Jadi para petani memiliki jaminan hasil buminya dibeli. Tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu harga turun atau harga naik di pasaran, hasil bumi tetap dibeli. Sehingga nanti tercipta sinergi antara petani, pemerintah, dan perusahaan,” jelasnya.

Konsep pergudangan itu dinilai akan bisa memberikan dampak positif bagi para petani. Petani bisa mendapatkan keuntungan dari hasil panennya.

“Jaminan itu harus dari pemerintah. Maka jika kami terpilih, kami akan lakukan program ini untuk masa depan petani dan ketahanan pangan di Kabupaten Bandung,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here