Beranda Berita 1 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, Banyak Inovasi Lahir Tangani Covid-19

1 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, Banyak Inovasi Lahir Tangani Covid-19

375
0

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin memasuki usia satu tahun dalam memimpin Indonesia. Selama setahun kepemimpinan, pandemi Covid-19 sangat memengaruhi program kerja pemerintah.

Namun demikian, pemerintah tetap berupaya menuntaskan janjinya dan menyelesaikan pandemi ini. Dalam beleid laporan itu, terdapat pembahasan terkait “Dari Pandemi Jadi Inovasi”.

“Kreativitas seringkali muncul di tengah kesulitan dan krisis. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggalang inovasi di bidang teknologi. Tidak kurang dari 60 inovasi hasil riset dikembangkan untuk menghadapi pandemi,” tulis laman resmi KSP.go.id

Produk inovasi utama di antaranya Robot Dekontaminasi, atau Rapid Diagnostic Test Microchip, Robot Medical Assistant ITS – UNAIR (RAISA) hingga Mobile Ventilator Low Cost berhasil ditemukan untuk memudahkan perlawanan pada pandemi.

Sementara itu, ada pula hasil produk inovasi pendukung yang menghasilkan produk-produk makanan dan minuman dengan bahan alami untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kemudian ada kreativitas kikis krisis di tengah pandemi Covid-19 ini. Masyarakat juga melahirkan berbagai inovasi. Para pedagang yang biasanya selalu mengandalkan penjualan secara langsung, kini dengan berani memasarkan produknya secara daring.

“Pembatasan pasar, membuat masyarakat secara mandiri melayani lingkungannya dengan saling memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tambahnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here