Beranda Berita Risma Buka Lab Tes Swab Gratis untuk Warga Surabaya

Risma Buka Lab Tes Swab Gratis untuk Warga Surabaya

420
0

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan Laboraturium Kesehatan Daerah (Labkesda) Surabaya di Jalan Gayungsari no 124, Surabaya. Laboratorium ini memberikan layanan tes swab Covid-19 secara gratis bagi warga Surabaya.
“Ini tesnya gratis untuk warga Kota Surabaya,” kata Risma

Risma berharap warga Surabaya yang berkunjung keluar kota dapat memanfaatkan laboraturium tersebut sebelum kembali kerumah masing-masing. Hal tersebut berguna untuk memberikan rasa aman kepada setiap warganya dan untuk mengantisipasi adanya transmisi penularan.

“Saya harap sebelum masuk rumah tes dulu di sini. Karena ini buka 24 jam non-stop, supaya kalau masuk ke rumahnya sudah dalam kondisi aman, kasihan keluarganya nanti kalau tertular, apalagi ini gratis,” katanya.

Laboraturium tersebut bukan hanya diperuntukkan bagi warga Surabaya, Risma juga memberikan layanan tes swab bagi warga ber-KTP luar Surabaya, dengan biaya yang menurutnya sangat murah, yakni Rp120 ribu.

“Meskipun peralatannya kami diberi BNPB dan swasta, tapi dalam Perda kami ada ketentuan biaya Rp 120 ribu itu. Saya kira itu sudah sangat murah sekali,” imbuhnya.

Diketahui, laboraturium tersebut dapat memeriksa sampel 2.000-4.000 sampel setiap harinya. Sedangkan untuk hasilnya, bisa diketahui 2-3 hari ke depannya. Namun, ke depannya khusus bagi warga Kota Surabaya seperti para sopir atau pengusaha yang bekerja ke luar kota, maka hasilnya bisa ditunggu dan membutuhkan waktu 1 jam atau 1,5 jam saja.

“Jadi, nanti kita akan sediakan yang hasilnya bisa ditunggu. Nah, kalau hasilnya negatif silakan pulang dengan tenang dan aman. Tapi kalau hasilnya positif, saran saya langsung ke Hotel Asrama Haji untuk melakukan isolasi,” ucapnya.

“Apalagi di sana sudah ada dokternya, dan kalau ada komorbidnya akan langsung dibawa ke rumah sakit, tapi kalau tanpa gejala bisa di Asrama Haji itu,” tambahnya.

Risma pun berharap laboraturium ini bisa bermanfaat untuk semua orang sebagai langkah untuk pencegahan dan memutus rantai penularan Covid-19.

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat untuk siapa saja. Dengan adanya laboratorium ini, diharapkan penyakitnya tidak nambah, tapi diharapkan akan semakin turun,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here