Beranda Berita Sri Mulyani Isyaratkan Ekonomi RI Mendingan dari Negeri Jiran

Sri Mulyani Isyaratkan Ekonomi RI Mendingan dari Negeri Jiran

312
0

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengisyaratkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang minus 5,32 persen pada kuartal kedua tahun ini masih lebih baik ketimbang negara-negara Asean lainnya.

Ia mencontohkan Malaysia dan Thailand, yang mencatat pertumbuhan ekonomi masing-masing minus 17,1 persen dan 12,2 persen. Tidak hanya itu, ia juga membandingkan kondisi perekonomian Indonesia yang masih jauh lebih baik dibandingkan India yang minus 23,9 persen.

“Daerah-daerah tetangga, seperti Thailand, Malaysia, Singapura, negatifnya enggak cuma 5,3 persen seperti kita. Mereka negatifnya 17 persen, 19 persen. Bahkan, India yang pertumbuhannya tinggi di dunia, sekarang terkontraksi 23 persen,” ujarnya.

Memang beberapa daerah di Indonesia mencatat pertumbuhan ekonomi lebih parah dari pertumbuhan ekonomi nasional. Misalnya, Bali yang mengalami kontraksi hingga 10 persen.

“Tapi, secara nasional, kita 5,32 persen ini relatif sangat moderat dibanding negara lain yang bahkan kontraksinya sampai belasan dan 20-an persen lebih. Saya tidak sampaikan kondisi kita tidak apa-apa. Tetap, ini tantangan luar biasa. Tapi, harus lihat dalam konteks keseluruhan dunia,” imbuhnya.

Sri Mulyani optimis kondisi ke depan akan lebih baik dari tahun ini. Ia meyakini pertumbuhan ekonomi RI pada 2021 berkisar 4,9 persen hingga 5,5 persen. Sepanjang pandemi covid-19 terkendali di dalam negeri.

“Bapak Presiden selalu menyampaikan antara penanganan kesehatan dan dari sisi penanganan sosial ekonomi tidak bisa dipisahkan. Ini ibarat rem dan gas yang harus terus kita seimbangkan,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here