Beranda Berita Prosesi Ngunduh Mantu di Solo untuk Melestarikan Budaya

Prosesi Ngunduh Mantu di Solo untuk Melestarikan Budaya

283
0

Setelah sah menjadi suami istri, prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dilanjutkan dengan ngunduh mantu di Solo, Minggu (11/12/2022).

Sejak pagi, masyarakat antusias melihat proses adat Jawa itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, ngunduh mantu yang diselenggarakan merupakan upaya merawat dan memelihara kebudayaan.

“Karena budaya adalah warisan para leluhur kita. Oleh sebab itu mengenalkan budaya kita adalah wajib. Mencintai budaya kita adalah kewajiban kita bersama,” ujar Jokowi dihadapan awak media yang disaksikan dari live streaming dari Jakarta.

Ia menyebut, acara ngunduh mantu sekaligus nguri-nguri kebudayaan tradisional.

“Kecintaan pada budaya harus kita tunjukan agar identitas budaya kita muncul kembali,” ucap dia.

Acara Jokowi ngunduh mantu diselenggarakan di rumah dinas wali kota Solo Loji Gandrung, kemudian dilanjutkan tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

Dilansir dari berbagai sumber, ngunduh mantu merupakan prosesi adat tambahan yang biasanya dilakukan oleh pasangan pengantin berdarah Jawa.

Ngunduh mantu diartikan sebagai wujud penyambutan dari keluarga mempelai laki-laki kepada mempelai wanita. Meski tak wajib, prosesi adat ini masih sering dilakukan masyarakat Jawa.

Secara umum, prosesi ini ditandai dengan kunjungan mempelai wanita, keluarga besar, dan kerabat dekat ke kediaman pihak keluarga orang tua pengantin pria.

Selanjutnya, kedua mempelai diharuskan untuk sungkem kepada keluarga dari pihak laki-laki sebagai bentuk bakti dan rasa syukur.

Biasanya acara prosesi ngunduh mantu lebih sederhana dibandingkan dengan pesta pernikahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here